Selamat datang di website Pusat Pangan dan Agribisnis

Kadin Temui Presiden Bahas Ketahanan Pangan

 20150414376

Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menemui Presiden Joko Widodo untuk membahas dukungan terhadap rencana pemerintah dalam membangun ketahanan pangan Indonesia.

"Khususnya langkah-langkah tujuan prioritas Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan petani, kami juga memberikan laporan dan masalah yang ada di lapangan. Untuk mempermudah ketahanan pangan," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Agribisnis dan Pangan Franky O Widjaja, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa.

Dalam kesempatan itu, Franky juga mengutarakan skema pembiayaan inovatif (innovative financing) yang diawali dengan meremajakan dua juta hektare lahan untuk petani sawit dan memberikan pinjaman dengan bunga yang kecil.

"Sektor ini adalah contoh sukses kemitraan lintas pihak dan penyediaan pembiyaan saat diinisiasi awal dekade 80-an," ujar Franky.

Skema pembiayaan inovatif di sektor kelapa sawit seperti ini dapat menjadi dapat menjadi dasar pengembangan skema sejenis di sektor komoditas pangan lainnya.

Selain itu masih terdapat langkah efisiensi lainnya untuk mendukung ketahanan pangan, yaitu dengan menjaga harga bahan pangan yang terjangkau.

"Ternyata proses penyediaan komoditas dari petani hingga ke pembeli rantainya cukup panjang, padahal ada langkah yang bisa dilakukan untuk efisiensi. Kita dapat memperbaiki sistem untuk efisiensi, khususnya pasca-panen. Untuk memperbaiki harga pasar," ujar Franky.

Ia juga mengatakan kemitraan sektor swasta dan pemerintah dengan memberdayakan koperasi akan membantu petani makin terlatih menerapkan praktik pertanian terbaik, mendapatkan dukungan infrastruktur yang memadai, memiliki akses atas bibit unggul dan pupuk, serta membuka pangsa pasar bagi produk mereka.

 

Client / Partner / Sponsor

  • 1
  • 2
  • 3

FAC-logo-Small

Pusat Pangan dan Agribisnis (Food and Agribusiness Centre) adalah sebuah yayasan yang memberi perspektif, persepsi, dan semangat baru dalam konteks pembangunan agribisnis.

FAC berkontribusi dan berkomitmen sebagai motor penggerak pembangunan ekonomi nasional sekaligus pembangunan pertanian.

Kutipan

  • Eka Tjipta Widjaja

    Kalau punya kemauan keras tapi gampang putus asa, itu tidak betul, harus tekun dan langgeng. Kemauan keras tapi tidak disiplin, itu juga salah. Dan yang tak kalah penting kemampuan membawahkan.
  • 1
  • 2
  • 3

Info Kontak

  Kantor Pusat
Plaza 3 Pondok Indah Blok A-2
Jl. TB Simatupang Jakarta 12310
  +62 21 75904484
+62 21 75904481
  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Media Sosial :
  facebook.com/fac.idn
Twitter @FACIndonesia
Google+ FAC Indonesia

 Template by : Jasa Kami