Selamat datang di website Pusat Pangan dan Agribisnis

Harga Miris, Industri Sawit Kritis?

 

industri-sawit-kritis

Melemahnya harga minyak sawit mentah (CPO) semenjak pertengahan tahun 2014 hingga kini, ternyata telah menekan industri sawit nasional. Apakah ini pertanda industri sawit masuk situasi krisis, lantas apakah harga pula bakal kembali meningkat?

Diakui atau tidak banyak pelaku berharap-harap cemas terhadap industri sawit nasional untuk tahun ini, sebab tanda-tanda harga CPO dunia bisa kembali melonjak belum juga nampak terlihat.

Melemahnya harga CPO yang terus terjadi, diakui telah memukul kinerja perusahaan perkebunan kelapa sawit nasional, yang pada kuartal I-2015 tercatat rata-rata anjlok.  Alasannya pun hampir dikataan seragam, akibat harga CPO yang kurang kinclong. Sehingga memangkas pendapatan perusahaan perkebunan kelapa sawit nasional.

Apakah kemudian tekanan harga ini bakal menggerus perusahaan perkebunan kelapa sawit nasional? Jawabannya bisa iya bisa juga tidak, lantaran menurut Menteri Pertanian era Megawati, Bungaran Saragih, tekanan harga memang sedang terjadi saat ini, hasilnya banyak perusahaan sawit yang menghadapi kesulitan dalam pengembangan areal perkebunannya.

Hanya saja, kata Bungaran yang juga sebagai komisaris di beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit nasional, menganggap kondisi saat ini tidak perlu dicemaskan, lantaran perusahaan sawit dipastikan bisa terus melakukan pengembangannya tanpa kendala, hanya saja syaratnya mesti menerapkan operasi perusahaan dengan sangat efisien.

Dari penilaian Bungaran, ongkos produksi kelapa sawit yang sangat efisien ialah ongkos produksi CPO pada kisaran US$ 200 hingga US$ 300 per ton. Dengan tingkat ongkos produksi yang efisien tersebut kendati harga CPO berada dikisaran US$ 600/ton, perusahaan masih memiliki marjin untuk  bisa melakukan pengembangan.

Lain halnya bila perusahaan yang menerapkan operasi perkebunan dengan tidak efisien, biasanya ongkos produksi CPO nya bisa mencapai US$ 400 hingga US$ 500 per ton. Jika demikian, maka perusahaan tersebut telah menghadapi masalah kritis.

http://www.infosawit.com/index.php/news/detail/harga-miris---industri-sawit-kritis-

 

Client / Partner / Sponsor

  • 1
  • 2
  • 3

FAC-logo-Small

Pusat Pangan dan Agribisnis (Food and Agribusiness Centre) adalah sebuah yayasan yang memberi perspektif, persepsi, dan semangat baru dalam konteks pembangunan agribisnis.

FAC berkontribusi dan berkomitmen sebagai motor penggerak pembangunan ekonomi nasional sekaligus pembangunan pertanian.

Kutipan

  • Eka Tjipta Widjaja

    Kalau punya kemauan keras tapi gampang putus asa, itu tidak betul, harus tekun dan langgeng. Kemauan keras tapi tidak disiplin, itu juga salah. Dan yang tak kalah penting kemampuan membawahkan.
  • 1
  • 2
  • 3

Info Kontak

  Kantor Pusat
Plaza 3 Pondok Indah Blok A-2
Jl. TB Simatupang Jakarta 12310
  +62 21 75904484
+62 21 75904481
  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Media Sosial :
  facebook.com/fac.idn
Twitter @FACIndonesia
Google+ FAC Indonesia

 Template by : Jasa Kami