Selamat datang di website Pusat Pangan dan Agribisnis

RSPO-WWF Telusuri Minyak Sawit Berkelanjutan

rspo-wwf-telusuri-minyak-sawit-berkelanjutan-2Co

JAKARTA - Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) bersama World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia membentuk gugus tugas (task force) dalam rangka menelusuri dan melegalkan minyak kelapa sawit yang berkelanjutan ‎(sustainable palm oil).

Manajer Program Kelapa Sawit Berkelanjutan WWF Indonesia Putra Agung menuturkan, legalitas (legality) dan ketelusuran (traceability) diperlukan lantaran ada risiko yang teridentifikasi bahwa industri kelapa sawit yang sudah memperoleh sertifikat RSPO, masih mencampur antara kelapa sawit yang legal dan tidak legal.

"‎Mengapa butuh legality dan traceability sistem, karena ada risiko yang terindentifikasi, masih mixing antara Certificate Sustainable Palm Oil (CSPO) dan unknown source. Jadi perlu di-trace agar tahu kalau itu sustainable. Ada potensi ilegal palm oil yang bisa masuk," ucapnya di gedung WTC, Jakarta, Selasa (12/5/2015).

Selain itu, sambung Putra, task force ini didasari karena semakin tingginya ekspansi yang dilakukan growers baik independen, smallholder, maupun perusahaan besar yang terindentifikasi menanam palm oil di area yang tidak seharusnya.‎

"Proses fasilitas dari RSPO member secara langsung atau enggak, kemungkinan juga dimanfaatkan dari sumber palm oil yang tidak legal," imbuh dia.

Menurutnya, task force ini mengupayakan agar pabrik-pabrik sawit yang bersertifikat tersebut benar-benar memenuhi standar dari sustainable palm oil. "Untuk memastikan traceability dan legality dari external supplier," jelasnya.

Sementara itu, Penasehat RSPO Bungaran Saragih mengungkapkan, task force ini dimaksudkan agar RSPO diyakini legalitasnya. Tidak ada sertifikat RSPO yang bisa dibeli, dan harus melalui proses uji kelayakan.

"‎Supaya RSPO respectable dan diakui maka harus dipastikan bahwa itu benar-benar sustainable. Bukan hanya dari sertifikat RSPO, tapi dengan tracebility itu. Keyakinan bahwa itu legal. Jadi kalau ada sertifikat RSPO bukan bohong-bohongan, tapi benar-benar sudah dibuktikan dari sertifikat boarding. Ini peningkatan kemajuan RSPO," pungkas Bungaran.

sumber

Client / Partner / Sponsor

  • 1
  • 2
  • 3

FAC-logo-Small

Pusat Pangan dan Agribisnis (Food and Agribusiness Centre) adalah sebuah yayasan yang memberi perspektif, persepsi, dan semangat baru dalam konteks pembangunan agribisnis.

FAC berkontribusi dan berkomitmen sebagai motor penggerak pembangunan ekonomi nasional sekaligus pembangunan pertanian.

Kutipan

  • Eka Tjipta Widjaja

    Kalau punya kemauan keras tapi gampang putus asa, itu tidak betul, harus tekun dan langgeng. Kemauan keras tapi tidak disiplin, itu juga salah. Dan yang tak kalah penting kemampuan membawahkan.
  • 1
  • 2
  • 3

Info Kontak

  Kantor Pusat
Plaza 3 Pondok Indah Blok A-2
Jl. TB Simatupang Jakarta 12310
  +62 21 75904484
+62 21 75904481
  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Media Sosial :
  facebook.com/fac.idn
Twitter @FACIndonesia
Google+ FAC Indonesia

 Template by : Jasa Kami