Selamat datang di website Pusat Pangan dan Agribisnis

Seminar Nasional dan Peluncuran Buku Memperingati 70 Tahun Prof. Bungaran Saragih

Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (FEM IPB) menyelenggarakan “Seminar Nasional dan Peluncuran Buku” dalam rangka memperingati 70 Tahun Prof.Dr Bungaran Saragih yang merupakan Guru Besar Emeritus Departemen Agribisnis, Sabtu (18/4). Acara yang mengambil tema “Kristalisasi Paradigma Agribisnis dalam Pembangunan Ekonomi dan Pendidikan Tinggi” ini bertempat di IPB International Convention Center (IICC) Bogor.


Wakil Rektor IPB Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof.Dr Yonny Koesmaryono dalam sambutannya menyampaikan, “Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi bagi Prof. Bungaran Saragih. Pada acara ulang tahun ini tidak hanya dilakukan perayaan biasa tapi juga dilakukan sebuah seminar nasional dan peluncuran buku yang merupakan buah pemikiran seorang pakar agribisnis. Terdapat keselarasan antara konsep agribisnis dan IPB, dimana pertanian berorientasi pasar, tidak hanya produksi”.

Di tempat yang sama, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertanian RI, Ir. Hari Priyono, MS mewakili Menteri Pertanian RI menyampaikan, Indonesia sebagai penggerak ekonomi nasional dengan serangkaian tantangannya telah  terbantu dengan adanya pemikiran Prof. Bungaran tentang paradigma sistem dan usaha agribisnis.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian refleksi “Kristalisasi Paradigma Agribisnis dalam Pembangunan Ekonomi dan Pendidikan Tinggi”. Refleksi mengenai riset agribisnis ini diisi oleh Prof.Dr Achmad Suryana selaku perwakilan dari para peneliti bidang agribisnis. Sesi media atau wartawan diisi oleh Ir. Ninuk R. Pambudy, M.Si selaku wartawan senior. Sesi dunia usaha diisi oleh Ir. Derom Bangun selaku Ketua Umum Dewan Minyak Sawit Indonesia, sesi birokrasi dan pembangunan diisi oleh Drs. Marzuki Usman, MA (mantan Menteri Negara Penggerak Dana Investasi), dan terakhir sesi pendidikan agribisnis diisi oleh Dr. Bayu Krisnamurthi (Dosen FEM IPB).

Peluncuran buku dilaksanakan untuk empat judul buku sekaligus, yakni Evolusi Pendidikan Tinggi Agribisnis Indonesia; Ekonomi Agribisnis Minyak Sawit; Suara Agribisnis 2; dan Membumikan Paradigma Agribisnis: 70 Tahun Prof. Bungaran Saragih. Setelah launching buku, Prof. Bungaran memberikan orasi ilmiahnya.

Prof. Bungaran menyampaikan mengenai tawaran paradigma pembangunan ekonomi untuk mewujudkan Nawacita atau sembilan prioritas yang dimiliki pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. “Paradigma yang kami tawarkan adalah pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan, dan terdesentralisasi. Sistem agribisnis yang dimaksud mencakup subsistem agribisnis hulu, subsistem agribisnis on-farm, subsistem agribisnis hilir, dan subsistem penyedia jasa agribisnis,” ujar Prof. Bungaran.

Acara ini dihadiri oleh ratusan peserta yang terdiri dari para pejabat, para pemimpin perusahaan besar yang bergerak di bidang agribisnis, dosen-dosen sosial ekonomi, juga para mahasiswa agribisnis.(nra)

sumber

Client / Partner / Sponsor

  • 1
  • 2
  • 3

FAC-logo-Small

Pusat Pangan dan Agribisnis (Food and Agribusiness Centre) adalah sebuah yayasan yang memberi perspektif, persepsi, dan semangat baru dalam konteks pembangunan agribisnis.

FAC berkontribusi dan berkomitmen sebagai motor penggerak pembangunan ekonomi nasional sekaligus pembangunan pertanian.

Kutipan

  • Eka Tjipta Widjaja

    Kalau punya kemauan keras tapi gampang putus asa, itu tidak betul, harus tekun dan langgeng. Kemauan keras tapi tidak disiplin, itu juga salah. Dan yang tak kalah penting kemampuan membawahkan.
  • 1
  • 2
  • 3

Info Kontak

  Kantor Pusat
Plaza 3 Pondok Indah Blok A-2
Jl. TB Simatupang Jakarta 12310
  +62 21 75904484
+62 21 75904481
  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Media Sosial :
  facebook.com/fac.idn
Twitter @FACIndonesia
Google+ FAC Indonesia

 Template by : Jasa Kami