Selamat datang di website Pusat Pangan dan Agribisnis

Surplus Produksi, Peternak Polewali Siap Pasok Sapi ke Pulau Jawa

1013396Polewali-Siap-Pasok-Sapi-ke-Pulau-Jawa-2-780x390 

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Untuk berpartisipasi mengatasi kelangkaan pasokan daging sapi di Pulau Jawa dan sekitarnya, peternak sapi lokal yang mengalami surplus produksi di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, siap memasok hingga 130 sapi per bulan.

Populasi sapi bali dan sapi lokal di Polewali Mandar yang tersebar di 16 kecamatan saat ini mencapai 33.072 ekor. Angka kelahiran sapi di Polewali Mandar sendiri mencapai 4.078 ekor per tahun.

Jika dikurangi angka kematian, penjualan ke sejumlah kabupaten di Pulau Kalimantan dan Sulsel, serta kebutuhan daging di sejumlah rumah potong hewan (RPH) yang mencapai 1.000 ekor per tahun, maka produksi sapi di Polewali Mandar masih surplus hingga 1.681 ekor. Jumlah ini cukup untuk memperkuat stok kebutuhan daging nasional, terutama di Pulau Jawa.

"Kami tentu siap bersama dengan peternak lain di Polewali Mandar jika diminta pemerintah, dan (jika) harganya lebih menguntungkan," ujar salah seorang peternak, Bacong, kepada Kompas.com ketika ditemui di peternakannya di Mangaramba, Polewali Mandar, Selasa (11/8/2015).

Hal senada diungkapkan Kaharuddin, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan, dan Tanaman Pangan Polewali Mandar. Menurut Kaharuddin, pihaknya siap memasok sapi hingga ratusan ekor ke Pulau Jawa jika pemerintah pusat memintanya.

"Produksi sapi di Polewali Mandar surplus hingga 1.681 ekor per tahunnya setelah dikurangi kematian, eskpor, dan kebutuhan daging di sejumlah RPH. Saya optimistis, Polewali Mandar bisa ikut berkontribusi memasok daging hingga ratusan ekor per bulannya," ujar Kaharuddin, Selasa kemarin.

sumber

FAC-logo-Small

Pusat Pangan dan Agribisnis (Food and Agribusiness Centre) adalah sebuah yayasan yang memberi perspektif, persepsi, dan semangat baru dalam konteks pembangunan agribisnis.

FAC berkontribusi dan berkomitmen sebagai motor penggerak pembangunan ekonomi nasional sekaligus pembangunan pertanian.

Kutipan

  • Eka Tjipta Widjaja

    Kalau punya kemauan keras tapi gampang putus asa, itu tidak betul, harus tekun dan langgeng. Kemauan keras tapi tidak disiplin, itu juga salah. Dan yang tak kalah penting kemampuan membawahkan.
  • 1
  • 2
  • 3

Info Kontak

  Kantor Pusat
Plaza 3 Pondok Indah Blok A-2
Jl. TB Simatupang Jakarta 12310
  +62 21 75904484
+62 21 75904481
  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Media Sosial :
  facebook.com/fac.idn
Twitter @FACIndonesia
Google+ FAC Indonesia

 Template by : Jasa Kami