Selamat datang di website Pusat Pangan dan Agribisnis

Agribisnis Updates

Agribisnis Updates menampilkan tulisan dan ulasan seputar Agribisnis yang disadur dari berbagai media cetak nasional dan ditulis oleh para pakar Agribisnis yang berpengalaman dibidangnya.

Kelembagaan, Solusi Berkelanjutan Agribisnis Jagung

Ribut-ribut soal jagung mencuat kembali. Kali ini dipicu perbedaan kebijakan pemerintah terkait impor jagung. Menteri Pertanian berharap tidak ada impor jagung untuk menghindari jatuhnya harga jagung di tingkat petani yang diperkirakan memasuki musim panen raya pada Februari sampai Maret 2016. Untuk itu diterbitkanlah Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 57 Tahun 2015 yang mengatur impor jagung untuk kebutuhan pakan ternak harus mendapat rekomendasi dari Menteri Pertanian. Permentan ini dikeluarkan 25 November 2015 dan efektif berlaku sejak 1 Desember 2015.

Daerah Maju dan Merata Melalui Pengembangan Agropolitan

Pengembangan agropolitan merupakan upaya peningkatan daya saing ekonomi regional dan menjadi sumber pertumbuhan serta penarik pertumbuhan wilayah secara berkesinambungan dan merata.Pembangunan pedesaan juga mampu diakselerasi serta kesejahteraan masyarakat mampu  ditingkatkan dengan nyata.

Agropolitan secara sederhana didefinisikan sebagai pendekatan pengembangan wilayah pedesaan  (politan/polis) berbasis pertanian (agro). Konsep agro politan awalnya banyak dikembangkan  pada awal 1970-an sebagai kritik dan solusi baru atas teori ‘efek menetes ke bawah’ atau trickle down effect, yang justru menyuburkan ketimpangan parah pembangunan antar desa-kota dan merebaknya urbanisasi (hyper-urbanization).

FAC-logo-Small

Pusat Pangan dan Agribisnis (Food and Agribusiness Centre) adalah sebuah yayasan yang memberi perspektif, persepsi, dan semangat baru dalam konteks pembangunan agribisnis.

FAC berkontribusi dan berkomitmen sebagai motor penggerak pembangunan ekonomi nasional sekaligus pembangunan pertanian.

Kutipan

  • Eka Tjipta Widjaja

    Kalau punya kemauan keras tapi gampang putus asa, itu tidak betul, harus tekun dan langgeng. Kemauan keras tapi tidak disiplin, itu juga salah. Dan yang tak kalah penting kemampuan membawahkan.
  • 1
  • 2
  • 3

Info Kontak

  Kantor Pusat
Plaza 3 Pondok Indah Blok A-2
Jl. TB Simatupang Jakarta 12310
  +62 21 75904484
+62 21 75904481
  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Media Sosial :
  facebook.com/fac.idn
Twitter @FACIndonesia
Google+ FAC Indonesia

 Template by : Jasa Kami